Investasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai kekayaan dan mencapai tujuan keuangan. Namun, investasi juga memiliki risiko, sehingga penting untuk memilih investasi yang aman. Berikut adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilih investasi aman :

  1. Tentukan tujuan investasi

Sebelum berinvestasi, penting untuk menentukan tujuan investasi Anda. Apakah Anda ingin berinvestasi untuk jangka pendek, menengah, atau panjang? Apakah Anda ingin berinvestasi untuk dana pendidikan, dana pensiun, atau dana darurat? Tujuan investasi yang Anda tetapkan akan menjadi faktor penentu dalam menentukan jenis investasi yang paling sesuai untuk Anda.

Untuk jangka pendek, Anda dapat memilih investasi dengan risiko rendah, seperti deposito atau reksa dana pasar uang. Untuk jangka menengah, Anda dapat memilih investasi dengan risiko sedang, seperti reksa dana pendapatan tetap atau obligasi. Untuk jangka panjang, Anda dapat memilih investasi dengan resiko tinggi, seperti saham atau emas.

  1. Pahami risiko investasi

Setiap jenis investasi memiliki resiko nya masing-masing. Risiko investasi dapat berupa risiko pasar, risiko likuiditas, risiko gagal bayar, dan risiko fraud. Risiko pasar adalah risiko yang disebabkan oleh perubahan kondisi pasar, seperti fluktuasi harga saham atau nilai tukar. Risiko likuiditas adalah risiko yang disebabkan oleh sulitnya menjual kembali investasi dalam waktu singkat. Risiko gagal bayar adalah risiko yang disebabkan oleh tidak mampunya perusahaan atau lembaga keuangan membayar kewajibannya. Risiko fraud adalah risiko yang disebabkan oleh penipuan atau kecurangan.

Sebelum berinvestasi, penting untuk memahami risiko investasi yang akan Anda ambil. Jangan mudah tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar, karena semakin tinggi keuntungannya, biasanya resikonya juga semakin tinggi.

  1. Sesuaikan dengan kondisi keuangan

Jumlah uang yang Anda investasikan harus disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Jangan sampai Anda berinvestasi melebihi kemampuan finansial Anda. Anda juga harus memperhitungkan biaya hidup dan pengeluaran rutin lainnya.

  1. Cek legalitas

Sebelum berinvestasi, penting untuk memastikan bahwa perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan investasi tersebut memiliki izin usaha yang sah dari lembaga berwenang, seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Anda dapat memeriksa legalitas perusahaan atau lembaga keuangan tersebut melalui website OJK atau BAPPEBTI. Anda juga dapat menghubungi OJK atau BAPPEBTI untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

  1. Lakukan riset

Jangan hanya tergiur dengan iklan atau promosi yang ditawarkan oleh perusahaan atau lembaga keuangan. Lakukan riset terlebih dahulu sebelum berinvestasi. Anda dapat mencari informasi tentang jenis investasi tersebut, kinerja perusahaan atau lembaga keuangan yang menawarkan investasi aman tersebut, dan risiko-risiko yang mungkin terjadi.

Anda dapat menemukan informasi tersebut melalui internet, buku, atau artikel. Anda juga dapat berkonsultasi dengan financial advisor atau ahli investasi lainnya.

Dengan memperhatikan 5 hal di atas, Anda dapat mengurangi risiko kerugian saat berinvestasi. Namun, perlu diingat bahwa investasi tetaplah mengandung risiko. Oleh karena itu, penting untuk berinvestasi secara bijak dan tidak memaksakan diri.

Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk berinvestasi secara aman :

  • Diversifikasikan portofolio investasi Anda. Dengan diversifikasi, Anda dapat mengurangi risiko kerugian jika salah satu investasi Anda mengalami kerugian.
  • Jangan berinvestasi semua uang Anda dalam satu jenis investasi.
  • Lakukan review investasi Anda secara berkala untuk memastikan bahwa investasi Anda masih sesuai dengan tujuan dan kondisi keuangan Anda.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu Anda dalam memilih investasi yang aman dan menguntungkan. Namun untuk Anda yang ingin berinvestasi secara praktis dan aman, aplikasi MOST dari mandiri sekuritas adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Di aplikasi ini ada banyak pilihan produk investasi aman dan juga fitur-fitur yang bisa mengedukasi Anda dalam berinvestasi.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *